Kameela Resmi Terdaftar di DGIP

Tepat tanggal 22 Juni 2021 lalu akhirnya Kameela Hijabku resmi terdaftar sebagai merek yang diakui oleh pemerintah Indonesia. Mendaftar pada bulan Juni 2020 melalui Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI (dgip.go.id), akhirnya penantian panjang Kameela Hijabku membuahkan hasil.

Bagi sebuah brand seperti Kameela Hijabku, merek adalah aset penting sehingga diperlukan perlindungan khusus bagi merek yang dimiliki. Karena pada dasarnya merek, brand, dan branding adalah satu paket yang tidak terpisahkan.
Dengan mendaftarkan merek dagang untuk mendapatkan hak paten merek, artinya merek yang digunakan akan mendapatkan perlindungan secara hukum, sesuai dengan yang dijelaskan dalam UU Merek, UU No 15 tahun 2001 pada pasal 3. Bahkan suatu merek bisa menjadi besar nilainya di pasar seiring dengan suksesnya upaya branding.

Brand yang bergerak di lini bisnis busana muslim syar’i ini tidak ingin jika upaya branding yang sudah dilakukan selama ini menjadi sia-sia di tengah jalan karena merek sudah didaftarkan orang lain terlebih dulu. Hal ini juga untuk menghindari permasalahan yang timbul di kemudian hari seperti yang pernah terjadi pada beberapa merek di Indonesia. Seperti misalnya harus membayar royalti atau digugat oleh orang yang lebih dulu mendaftarkan merek yang sama. Apalagi jika ternyata merek sudah terlanjur didaftarkan lebih dulu oleh orang lain. Maka harus melakukan rebranding yang tentunya memakan waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit membangunnya supaya dikenali pasar sebaik merek sebelumnya.

Selain itu bagi konsumen Kameela Hijabku yang marketnya kalangan middle class, terdaftarnya merek Kameela Hijabku di DJKI Kemenkumham RI, menjadi salah satu bukti bahwa Kameela Hijabku adalah brand yang terpercaya dan bukan brand abal-abal. Karena seperti yang sudah diketahui bahwa produk-produk yang dikeluarkan oleh Kameela Hijabku selalu booming di pasaran, yang tentunya menjadi celah bagi orang lain untuk melakukan pemalsuan dan pembajakan barang dengan mencatut atau mempergunakan merek Kameela Hijabku.

Namun Dian Hendra selaku owner dari Kameela Hijabku menyatakan bahwa upaya legalisasi merek ini bukanlah tujuan akhir dari brand yang telah dibangunnya sejak tahun 2015. Justru ini menjadi pondasi dan titik awal bagi brand Kameela Hijabku untuk melakukan melakukan branding lebih agresif lagi, misalnya dengan go internasional.